Kamis, 01 November 2012

Solusi Jitu Hapus Virus, Malware yang Menyebar via Wall Facebook



Lagi-lagi saya akan share mengenai malware facebook. Malware yang satu ini gak umum cah! maksudnya gak umum yaitu modelnya beda dari malware sebelumnya. Malware yang sebelumnya menyebar via chat, yang sekarang menyebar via wall facebook. Saya mengetahui malware ini pada tanggal 14 desember 2011. Ada sobat dari malaysia yang bertanya via email. Intinya yaitu akun facebooknya mengirimkan video hot! ke teman facebook lainnya. Padahal dia tidak merasa mengirimkan link video tersebut ke teman facebook lainnya. Sobat tersebut mengira bahwa akun facebooknya di hack orang yang tidak bertanggung jawab. Dia juga bertanya boleh diterangkan mengapa kok bisa seperti itu dan bagaimana cara mengatasinya. Gak lama kemudian saya balas email dan saya kasih solusinya.

Oh iya, hampir lupa cah. Ternyata beberapa teman facebook saya juga ada yang terkena kasus serupa lho, yaitu akun facebooknya mengirimkan link video bergambar cewek jegeje, entah itu termasuk video p*rno atau bukan saya kurang tahu soalnya link video tersebut tidak saya klik. Hmm, sepertinya video gak beres tuh!. Saya sempat curiga, kok kasusnya sama seperti sobat yang pernah bertanya via email. Saya berfikir pasti ini ulah malware lagi.

Solusi Jitu Hapus Virus, Malware yang Menyebar via Wall Facebook
Ternyata benar, ada teman saya yang mengirim 2 link video ke wall facebook. Selain link ada juga kata-kata anu, hehe. Maksudnya kata yang nomor dua biasanya nama depan facebook. Contoh nya about alam check the sad post i dare you can watch this. lol checkout this video its very embracing moment for hercheck this out.. cool (heleh menggoda!, sok cool).

Saya mengajak diskusi ringan dengan teman yang mengirimkan link video tersebut (diskusinya via chat). Intinya dia bertanya bagaimana caranya menghilangkan malware tersebut. Kemudian cah kudus mencoba share solusi untuk menghilangkan virus, malware yang menyebarkan link video setengah p*rno tersebut ke facebook teman.
Diskusinya tertunda karena koneksi kurang mendukung (chat facebook online offline). Akhirnya diskusinya berlanjut lagi di hari berikutnya. Saya tanya bagaimana kabar facebooknya, apakah masih mengirimkan link video ke teman-teman facebook lainnya apa tidak. Dia bilang lancar (artinya laptopnya sudah terbebas dari malware). Setelah bertanya lebih lanjut lagi saya menemukan titik terang solusi yang sebenarnya.

CK : apakah ada aplikasi facebook yang mencurigakan?
Teman : Tidak ada aplikasi yang mencurigakan.
CK : Apakah sudah instal Malwarebytes Anti Malware?
Teman : Koneksi lambat, belum sempat download aplikasi Malwarebytes.
CK : Kamu hapus add-ons nya ya? Nah, ini nih titik terangnya
Teman : (Intinya dia jawab) Hapus Add-Ons Youtube Premium di google chrome (Yang dia gunakan biasanya browser Google Chrome).

Kronologi kok bisa terkena malware yang dialami teman saya
Intinya saat itu teman saya dikirimi link video di wall facebook. Ada namanya Hey "Nick Name" see this video. Dia mengira itu video lucu, setelah dibuka beberapa saat kemudian muncul komplain dari teman-teman (Teman-temannya dapat kiriman link video setengah p*rno via wall facebook). Dari situlah asal mulanya saya tahu bahwa facebook teman saya terkena malware

Solusi Jitu Hapus Virus, Malware yang Menyebar via Wall Facebook
Cara Uninstal/ Remove Add-Ons YouTube Premium di Mozilla Firefox dan Google Chrome
  1. Mozilla Firefox : Klik menu Tools, Add-ons, Ekstensi. Remove Add-Ons YouTube Premium
  2. Google Chrome : Klik Tools (Menu Obeng), Extensions (Alat, Ekstensi). Remove Add-Ons YouTube Premium

Baca selengkapnya : Solusi Jitu Hapus Virus, Malware yang Menyebar via Wall Facebook | Cah Kudus http://yuuddaa.blogspot.com/2011/12/solusi-jitu-hapus-virus-malware-yang.html#ixzz2B20b11Gn
Difference - Cah Kudus (Alam Yuda)
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

http://yuuddaa.blogspot.com/2011/12/solusi-jitu-hapus-virus-malware-yang.html

0 komentar:

Posting Komentar